Seminar Ip Man Traditional Wing Chun di Solo 2013


Seminar Wing Chun ini merupakan program dari Wing Chun Journey Brotherhood of Wing Chun Jakarta. Training diadakan selama 2 hari (31 Agustus dan 1 September 2013) di Solo. Seminar ini membahas filosofi, teknik dasar, dan tanya jawab sesuai dengan sifu Martin Kusuma selaku Narasumber. 

Profil Sifu Martin Kusuma
1. Penulis buku "Teknik dan Kunci Dasar Wing ChunTraditional Ip Man
2. Pendiri Brotherhood Of Wing Chun Jakarta
3. Instruktur VTAA (Ving Tsun Ahtletic Asociation)
4. Murid Langsung dari Grandmaster Samuel Kwok

Seminar ini sangat bagus agar kita lebih mengerti konsep, keterkaitan antara teori dan praktek. Sifu Martin sendiri merupakan sumber yang jelas, dapat dipercaya, dan mengerti secara detail, mau berbagi sehingga kita lebih terbuka wawasannya. Seminar ini lebih mengupas lebih dalam bahwa wing chun bukan sekedar gerakan tanpa makna. Sifu Martin juga pernah berlatih kepada Grandmaster Ip Ching (anak Grandmaster Ip Man) di Hongkong.  Beliau juga mengadakan Wing Chun Journey ke China sehingga kita dapat berkunjung dan berlatih ke tempat-tempat dimana dulu beliau berlatih. Isi seminar ini lebih ke ISI, bukan ke gerakan ibarat makan pisang apakah yang anda makan itu kulit apakah isinya?

Bimbingan seorang guru (shifu) sangat diperlukan untuk memperbaiki dan mengarahkan kita agar tidak keluar dari konsep yang telah ditetapkan. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan wing chun Ip Man di luar pulau, seperti Jogja, Semarang, dan Solo. Daerah tersebut telah dibimbing oleh sifu sehingga perkembangannya sangat pesat. Kebetulan saya menginap di hotel yang sama dengan sifu Martin sehingga bisa tanya jawab hampir seharian mengenai wing chun jadi dapat banyak masukan.